Home Beranda Hasil Survey Capres-Cawapres 2024, Siapa yang Paling Unggul?

Hasil Survey Capres-Cawapres 2024, Siapa yang Paling Unggul?

by Salma Hasna
0 comment

Jakarta, Ceksurvey.com – Tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (Capres-Cawapres) dipastikan akan bertarung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Mereka adalah Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo – Mahfud MD dan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming.

Di antara tiga pasangan ini, siapa yang memiliki elektabilitas paling tinggi. Mari simak hasil survei dari tiga lembaga survei yang dirangkum.

  • Indikator Politik Indonesia

    Survei Indikator Politik: Warga Makin Takut Menyatakan Pendapat

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei elektabilitas tiga pasangan calon yang dilakukan setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal batas usia capres-cawapres.

banner

Survei dilakukan mulai 16 sampai 20 Oktober 2023. Ada sebanyak 2.567 orang koresponden yang disurvei oleh Indikator Politik Indonesia. Survei dilakukan dengan cara tatap muka.

Hasilnya, pasangan Prabowo-Gibran menempati elektabilitas tertinggi dengan 36,1 persen. Disusul oleh pasangan Ganjar-Mahfud MD dengan 33,7 persen serta Anies-Muhaimin dengan 23,7 persen.

  • Lembaga Survei Indonesia (LSI)Lembaga Survei Indonesia | Beranda

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan menjelaskan, koresponden yang ditanya secara umum dukungan terhadap tiga nama calon presiden, ada 35,8 persen mendukung Prabowo, 30,9 persen mendukung Ganjar, 19,3 persen mendukung Anies. Survei ini dilakukan pada 16-18 Oktober 2023 lalu.

“Tapi kalau kita masukan jika Gibran mengajukan diri menjadi cawapres Prabowo, bagaimana dukungannya? Terlihat dukungan untuk Prabowo sedikit meningkat dari 35,8 persen menjadi 39,2, persen,” katanya.

Ada peningkatan sekitar 3,4 persen elektabilitas Prabowo jika berpasangan dengan Gibran. Sementara untuk Ganjar ada penurunan sekitar 5 persen sementara itu Anies stabil.

Namun menurut Djayadi, meski elektabilitas Prabowo yang menggaet Gibran sebagai wakilnya naik, namun tak terlalu signifikan.

“Kalau di sini berubah sekitar 3,4 persen. Jadi ada potensi untuk meningkat. Seberapa real-nya, itu kan belum tahu,” katanya.

  • Ipsos Public Affair
    Ipsos crea una división de Data Intelligence, Formación y estudios |  Interactiva

Lembaga survei asal Prancis, Ipsos Public Affair juga merilis hasil survei yang mereka lakukan setelah MK memutuskan soal batas Capres-Cawapres. Hasilnya, ketiga bacapres dan bacawapres bersaing ketat dan hanya terpaut tipis satu sama lain.

Tapi dalam survei Ipsos Public Affair, elektabilitas pasangan Ganjar-Mahfud lebih unggul dibandingkan dengan Prabowo-Gibran.

Ganjar-Mahfud di posisi teratas dengan 31,98 persen. Disusul Prabowo-Gibran di posisi kedua dengan persentase angka 31,32 persen. Sementara Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar berada di posisi ketiga dengan memperoleh persentase angka 28,91 persen.

Baca Juga : Survei Indikator: Prabowo-Gibran Ungguli Ganjar-Mahfud dan Anies-Imin

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari ceksurvey.com Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

You may also like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments