Home Survey Pemilu Survei Calon Presiden Terbaru Usai Putusan MK

Survei Calon Presiden Terbaru Usai Putusan MK

by Salma Hasna
0 comment

Jakarta, Ceksurvey.com – Lembaga Survei Indonesia (LSI) baru saja merilis hasil survei terbaru mengenai elektabilitas calon presiden (capres) setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai batas usia capres-cawapres. Menurut hasil survei tersebut, Prabowo Subianto saat ini memimpin dengan elektabilitas tertinggi, diikuti oleh Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Menurut hasil yang saya temukan, survei terbaru mengenai elektabilitas calon presiden (capres) dilakukan pada tanggal 16-18 Oktober 2023 dengan jumlah responden sebanyak 1.229 orang. Survei ini dilakukan melalui telepon dan ditargetkan pada populasi WNI yang berusia 17 tahun atau lebih dan sudah menikah.

Survei ini dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan bahwa calon presiden dan wakil presiden di bawah usia 40 tahun dapat maju dalam pemilihan presiden asalkan memiliki pengalaman sebagai kepala daerah.

Pemilihan sampel dilakukan melalui random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

banner

Survei ini dilakukan dengan menggunakan teknik random digit dialing (RDD), yaitu teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Survei dilakukan dengan wawancara telepon oleh pewawancara yang terlatih. Tingkat populasi nasional yang bisa dijangkau dengan telepon adalah 83%. Margin of error survei ini adalah ±2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Menurut peneliti LSI Djayadi Hanan, dalam simulasi bacapres teratas pasca-putusan MK, Prabowo Subianto unggul dengan 35,8%, disusul oleh Ganjar Pranowo dengan 30,9% dan Anies Baswedan dengan 19,7%.

“Ini posisi pada pertengahan Oktober pasca keputusan MK, kalau pemilu presiden dilakukan sekarang dengan 3 nama ini Prabowo Subianto memperoleh angka 35,8%, Ganjar Pranowo 30,9% diikuti oleh Anies Baswedan 19,7%,” ungkap Djayadi dalam pemaparannya, Minggu (22/10/2023).

Berikut hasilnya:

-Prabowo Subianto 35,8%
-Ganjar Pranowo 30,9%
-Anies Baswedan 19,7%

TT/TJ 13,6%

Baca Juga : Jadwal Lengkap Pemilu 2024

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari ceksurvey.com Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

You may also like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments