Home Beranda Capai 75,6 Persen, Survei Terbaru Ungkap Citra Positif Jokowi Ada di Angka Tertinggi Selama Periode ke-2

Capai 75,6 Persen, Survei Terbaru Ungkap Citra Positif Jokowi Ada di Angka Tertinggi Selama Periode ke-2

by Geralda Talitha
0 comment
Presiden Jokowi

CekSurvey.com – Survei Litbang Kompas baru-baru ini mengungkapkan hasil survei mengenai citra positif Presiden Jokowi. Berdasarkan survei tersebut, sebanyak 89,4 persen responden menilai citra Jokowi baik menjelang akhir masa jabatannya pada Oktober mendatang.

Survei tersebut dilaksanakan dari tanggal 27 Mei hingga 2 Juni 2024 melalui wawancara tatap muka. Survei ini melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia. Dengan tingkat kepercayaan mencapai 95%, margin of error survei ini berada di sekitar 2,83 persen.

Data dari survei ini menunjukkan adanya peningkatan tren citra positif Jokowi. Pada survei sebelumnya yang dilakukan pada Desember 2023, citra positif Jokowi berada di angka 81,3 persen. Terjadi kenaikan sekitar 8 persen dalam tren citra positif Jokowi saat ini. Kenaikan ini sebagian besar dipengaruhi oleh euforia Pemilu 2024. Menurut survei Litbang Kompas, publik memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan pemilu yang berjalan dan berakhir tanpa konflik signifikan, terutama di tingkat akar rumput, meskipun terdapat beberapa catatan.

Selanjutnya, penyelesaian sengketa Pemilu 2024 tanpa berlarut-larut juga turut berkontribusi terhadap penilaian positif terhadap Jokowi. Keberhasilan penyelenggaraan Pemilu 2024 ini memberikan dampak yang signifikan pada penilaian publik terhadap Presiden Jokowi.

Dari hasil survei tersebut, terlihat bahwa citra positif Jokowi terus mengalami peningkatan. Publik mengapresiasi stabilitas dan keamanan yang terjaga selama proses pemilu, serta kemampuan pemerintah dalam menyelesaikan sengketa pemilu dengan cepat dan efektif. Hal ini menjadi faktor utama yang mendorong peningkatan citra positif Presiden Jokowi di mata masyarakat.

Dengan hasil survei yang menunjukkan peningkatan citra positif ini, dapat diartikan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap Jokowi tetap tinggi menjelang akhir masa jabatannya. Dukungan yang kuat dari publik menunjukkan apresiasi terhadap kinerja dan kepemimpinan Jokowi selama masa jabatannya sebagai Presiden Indonesia.

Sebagai kesimpulan, survei Litbang Kompas menggambarkan bahwa citra positif Presiden Jokowi terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu, dengan berbagai faktor yang turut mendukung penilaian positif tersebut.

Penyelenggaraan Pemilu 2024 yang lancar dan penyelesaian sengketa pemilu yang cepat menjadi pendorong utama peningkatan citra positif Jokowi di mata masyarakat.

Baca Juga: Survey KIC: 3 Mantan Gubernur yang Diprediksi Maju Pilkada 2024, Tak Dianggap Publik sebagai Kandidat Terkuat

You may also like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments