Home Survey Pemilu 6 Kandidat Terkuat Calon Gubernur Jawa Tengah 2024 Versi Survei IDN

6 Kandidat Terkuat Calon Gubernur Jawa Tengah 2024 Versi Survei IDN

by Geralda Talitha
0 comment
kandidat cagub Jateng pengganti Ganjar

CekSurvey.com -Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) 2024 semakin mendekat dan berbagai nama mulai mencuat sebagai kandidat kuat pengganti Ganjar Pranowo. Berdasarkan survei terbaru yang dirilis oleh Indeks Data Nasional (IDN), terdapat enam sosok yang dianggap memiliki elektabilitas tertinggi dan berpotensi besar maju dalam Pilkada Jateng 2024.

Survei ini dilakukan oleh IDN pada tanggal 5-12 Mei 2024 dengan metode tatap muka. Sebanyak 800 responden dari segmen wong cilik dan anak muda di Jawa Tengah dilibatkan dalam survei ini. Survei ini memiliki margin of error sebesar 3,46 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Eksekutif IDN, Syifak Muhammad Yus, menjelaskan bahwa dari survei tersebut muncul enam nama dengan elektabilitas tertinggi.

Di antara mereka adalah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hendrar Prihadi, yang akrab disapa Hendi, serta Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi. Selain kedua nama tersebut, ada juga Sudaryono dan Taj Yasin Maimoen yang bersaing ketat dalam bursa Pilkada Jateng.

banner

Hasil survei ini menunjukkan bahwa nama-nama lain seperti Bambang Wuryanto, Casytha Arriwi Kathmandu, Dico Ganinduto, FX Hadi Rudyatmo, Rustriningsih, Sudirman Said, Wihaji, dan Yusuf Chudlori turut dipertimbangkan.

Namun, enam sosok yang memiliki elektabilitas tertinggi adalah Hendrar Prihadi, Ahmad Luthfi, Sudaryono, Taj Yasin Maimoen, Bambang Wuryanto, dan Casytha Arriwi Kathmandu.

Berikut elektabilitas enam sosok yang berpotensi maju sebagai kandidat kuat di Pilkada Jateng 2024:

  • Hendrar Prihadi (Hendi) 19,6 persen
  • Sudaryono 15,7 persen
  • Taj Yasin Maimoen 14,9 persen
  • Dico M. Ganinduto 9,9 persen
  • Muhammad Yusuf Chudlori 9,2 persen
  • Irjen pol Ahmad luthfi 8,6 persen

Survei IDN ini memberikan gambaran awal tentang potensi kandidat yang akan berlaga dalam Pilkada Jateng 2024.

Meskipun persaingan ketat, Hendrar Prihadi dan Ahmad Luthfi tampak menjadi dua nama teratas dengan peluang besar. Hendrar Prihadi, yang merupakan kader PDIP, telah dikenal luas di kalangan masyarakat Jateng, sementara Irjen Pol Ahmad Luthfi memiliki latar belakang kuat di kepolisian.

Syifak menambahkan bahwa hasil survei ini sangat penting untuk memetakan kekuatan dan popularitas calon di masyarakat. Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2024 diperkirakan akan menjadi ajang persaingan yang sangat menarik, mengingat latar belakang dan kemampuan masing-masing kandidat yang beragam.

Dengan hasil survei ini, publik Jawa Tengah kini memiliki gambaran awal tentang calon-calon pemimpin mereka di masa depan. Persaingan ini tentunya akan terus memanas seiring dengan semakin dekatnya hari pemilihan.

Baca Juga: Survei: 86,5% Pemudik Puas dengan Kinerja Polantas Selama Mudik Lebaran 2024

You may also like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments