Home Survey Pemerintah Survei: 86,5% Pemudik Puas dengan Kinerja Polantas Selama Mudik Lebaran 2024

Survei: 86,5% Pemudik Puas dengan Kinerja Polantas Selama Mudik Lebaran 2024

by Geralda Talitha
0 comment
kinerja polri membantu pemudik

CekSurvey.com – Lembaga survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan bahwa 86,5 persen responden menilai kinerja Korps Lalu Lintas (Polantas) Polri sangat membantu pemudik selama arus mudik maupun arus balik Lebaran 2024. Survei ini mencerminkan evaluasi publik terhadap penyelenggaraan mudik tahun ini.

Dalam rilis yang disiarkan secara daring dan dipantau di Jakarta pada Selasa, Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro, menyampaikan bahwa kepuasan terhadap mudik Lebaran meningkat signifikan berkat kinerja Polantas. “Mereka yang menilai polantas membantu saat mudik cenderung lebih puas dengan pengalaman mudik mereka,” jelas Bawono.

Bawono juga menyoroti bahwa kinerja Polantas menjadi salah satu faktor utama yang menentukan kepuasan publik terhadap manajemen mudik. “Selain faktor angkutan umum, bahan bakar, dan pengaturan lalu lintas, kinerja polisi lalu lintas di lapangan juga berperan penting dalam menentukan tingkat kepuasan publik terhadap manajemen mudik secara keseluruhan,” tambahnya.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia, Rizka Halida, menambahkan bahwa kehadiran Polantas sangat membantu pemudik, terutama ketika mereka tersesat. “Saat pemudik tersesat, kehadiran polisi lalu lintas sangat membantu. Mereka bisa memberikan informasi yang akurat dan dapat dipercaya,” ungkap Rizka.

Survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia berlangsung pada periode 24-26 April 2024 menggunakan metode pengambilan data melalui telepon. Target populasi survei adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah yang memiliki telepon, yang mencakup sekitar 83 persen dari total populasi nasional.

Sampel survei dipilih menggunakan metode random digit dialing (RDD) dengan total 1.217 responden, terdiri dari 50,5 persen laki-laki dan 49,5 persen perempuan. Tingkat kesalahan survei diperkirakan sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Hasil survei ini menegaskan pentingnya peran Polantas dalam memberikan pelayanan dan dukungan kepada pemudik, yang berkontribusi besar terhadap kepuasan dan kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2024. Dengan tingkat kepuasan yang tinggi ini, Polantas diharapkan terus meningkatkan kinerjanya untuk mendukung kegiatan mudik di masa mendatang.

Baca Juga: Survey Pilgub Jakarta versi ASI, Ridwan Kamil Lebih Unggul dari Anies Baswedan

You may also like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments