Home Survey Pemilu Survey Pilgub Jakarta versi ASI, Ridwan Kamil Lebih Unggul dari Anies Baswedan

Survey Pilgub Jakarta versi ASI, Ridwan Kamil Lebih Unggul dari Anies Baswedan

by Geralda Talitha
0 comment
Ridwan Kamil - Anies Baswedan

CekSurvey.com – Dengan Pilgub Jakarta 2024 yang semakin dekat, terungkap hasil survei terbaru yang menyoroti persaingan ketat antar kandidat.

Menurut Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI), Ridwan Kamil, eks gubernur Jawa Barat, tampak memimpin dalam preferensi warga Jakarta, mengungguli lawannya, Anies Baswedan, mantan gubernur DKI Jakarta.

Dalam survey ASI yang dilakukan pada 23-29 April 2024, 400 orang terlibat sebagai responden yang merupakan penduduk DKI Jakarta yang berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan margin of error sekitar +/- 4,9%. Proses pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara tatap muka, memastikan kualitas interaksi dan keakuratan jawaban yang diberikan oleh responden.

Dalam rincian survei, pada pertanyaan terbuka mengenai calon favorit untuk gubernur DKI Jakarta 2024, nama Anies Baswedan memang menonjol.

Berikut adalah daftar Top of Mind Kandidat Gubernur DKI Jakarta 2024:

– Anies Baswedan 19,8%
– Ridwan Kamil 15,8%
– Heru Budi Hartono 7,8%
– Basuki Tjaja Purnama (Ahok) 5,8%
– Ahmad Sahroni 3,5%
– Tri Rismaharini 1,8%
– Kaesang Pangarep 1,6%
– Ahmad Riza Patria 0,8%
– Bima Arya 0,5%
– Mardani Ali Sera 0,5%
– Tidak tahu/tidak jawab 42,9%

Namun, dalam simulasi yang melibatkan 15 nama calon gubernur, Ridwan Kamil berhasil menempati posisi teratas, disusul oleh Heru Budi Hartono, yang saat ini menjabat sebagai Pj gubernur Jakarta. Berikut daftarnya:

– Ridwan Kamil 39,3%
– Heru Budi Hartono 9,7%
– Ahmad Sahroni 9,5%
– Tri Rismaharini 5,5%
– Ahmad Riza Patria 4,5%
– Kaesang Pangarep 3,5%
– Mardani Ali Sera 3,3%
– Ahmed Zaki Iskandar 2,0%
– Bahlil Lahadalia 2,0%
– Bima Arya 2,0%
– Tidak tahu/tidak jawab 18,8%

Data ini menarik karena menunjukkan dinamika politik yang fluktuatif di ibu kota. Sebanyak 59,0% responden mengaku masih mungkin mengubah pilihan mereka, dikenal sebagai swing voters, sedangkan 32,3% menyatakan keputusan mereka sudah bulat (strong voters). Sisa responden, sekitar 8,8%, belum memutuskan atau tidak memberikan jawaban.

Menariknya, dalam simulasi yang lebih terbatas mencakup 10 tokoh, nama Anies Baswedan tidak termasuk dalam daftar survei ASI, sementara nama seperti Ridwan Kamil dan Heru Budi Hartono tetap berada dalam pertimbangan.

Hasil survei ini memberikan gambaran awal yang penting bagi strategi kampanye para kandidat. Ridwan Kamil tampaknya perlu mempertahankan momentumnya, sedangkan Anies Baswedan perlu mengevaluasi kembali pendekatannya untuk meningkatkan dukungan.

Pengaruh besar swing voters juga mengindikasikan bahwa kampanye yang efektif dan strategi komunikasi yang jelas akan menjadi kunci dalam memenangkan hati warga Jakarta.

Kesimpulannya, dengan pertarungan yang masih dapat berubah kapan saja, Pilgub Jakarta 2024 dijamin akan menjadi salah satu pemilihan gubernur yang paling diawasi dan dinamis di Indonesia.

Baca Juga: Masyarakat Menolak Pembatasan Pasangan Calon Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024: Temuan Survei Indikator Politik Indonesia

You may also like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments