Home Survey Pemilu Hasil Survei Elektabilitas Capres 2024 Terbaru

Hasil Survei Elektabilitas Capres 2024 Terbaru

by Salma Hasna
0 comment

Ceksurvey.com –Hasil survei terbaru dari Indonesia Polling Stations (IPS) mengungkapkan elektabilitas calon presiden (capres) setelah debat ketiga Pilpres 2024, yang dilakukan pada tanggal 7-13 Januari 2024 di 38 provinsi dengan melibatkan 1.220 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik acak bertingkat atau multistage random sampling.

Survei ini melibatkan wawancara telepon dengan responden, dan dilakukan dengan bantuan kuesioner. Margin of error dari survei ini dinyatakan sebesar +/- 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei tersebut, responden diminta untuk menjawab pertanyaan mengenai pilihan mereka jika pemilihan presiden dan wakil presiden dilakukan saat ini. Hasilnya menunjukkan bahwa 51,8 persen responden memilih pasangan Prabowo-Gibran. Sementara itu, pasangan Anies-Cak Imin (AMIN) mendapatkan dukungan sebesar 21,3 persen, dan Ganjar Mahfud mendapat 19,2 persen.

“Mayoritas publik atau sebanyak 51,8 persen responden mengaku akan memilih pasangan Prabowo-Gibran jika pilpres dilaksanakan hari ini, sedangkan 21,3 persen responden mengaku memilih Anies-Cak Imin, dan 19,2 persen responden memilih Ganjar-Mahfud. Sisanya tidak menjawab pertanyaan yang kami ajukan,” kata Alfin dalam paparannya, Selasa (16/1/2024).

banner

Alfin menilai, menurunnya elektabilitas AMIN dan Ganjar-Mahfud lantaran melakukan penyerangan ke kandidat lain dalam debat capres 7 Januari lalu. Sementara itu, elektabilitas Prabowo-Gibran disebut semakin naik.

“Strategi menyerang secara kolektif yang dilancarkan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo pada debat capres 7 Januari 2024 ternyata menjadi bumerang. Elektabilitas paslon Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud semakin merosot. Sementara elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran justru kian melesat,” kata Alfin.

Menurut Alfin, jika strategi menyerang kandidat lain terus dilakukan, Pilpres 2024 dapat dimenangkan Prabowo-Gibran.

“Jika tren seperti itu terus berlangsung dan tidak ada gempa politik, Pilpres 2024 akan dimenangkan pasangan Prabowo-Gibran hanya dalam satu putaran saja,” tuturnya.

Berikut elektabilitas capres-cawapres berdasarkan survei Indonesia Polling Stations:

  • Prabowo-Gibran 51,8%
  • Anies-Muhaimin 21,3%
  • Ganjar-Mahfud 19,2%
  • Undicided 7,7%

Baca Juga : Komitmen Ganjar Pranowo Hapus Utang Petani yang Tertunda

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari ceksurvey.com Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

 

You may also like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments