Home Beranda Survei PPI Cagub Jawa Tengah: Gibran Tertinggi

Survei PPI Cagub Jawa Tengah: Gibran Tertinggi

by Salma Hasna
0 comment

Ceksurvei.com, Jakarta  – Lembaga survei Parameter Politik Indonesia atau PPI menggelar survei elektabilitas calon gubernur Jawa Tengah di Pilkada 2024. Hasilnya, Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, mempunyai elektabilitas tertinggi dibandingkan tokoh lainnya di Jawa Tengah.

Survei ini digelar di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah pada 2 hingga 11 Juni 2023. Responden yang dilibatkan sebanyak 800 orang dengan syarat sudah punya KTP atau usia minimal 17 tahun. Survei dilakukan secara wawancara tatap muka oleh surveyor. Margin of error survei sebesar +/- 3,5% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Para responden diberi pertanyaan terbuka dan tertutup. Pada pertanyaan terbuka, para responden ditanyakan ‘Jika pemilihan Gubernur Jawa Tengah dilakukan hari ini dan Gubernur Ganjar Pranowo tidak mencalonkan diri lagi, kira kira siapakah yang akan anda pilih menjadi Gubernur Jawa Tengah?’.

Baca Juga : Masuk Daftar Teratas Survei Cagub Jateng, Ini Jawaban Gibran

banner

Berikut ini hasil elektabilitas terbuka cagub Jawa Tengah:

Gibran Rakabuming 19,9%
Taj Yasin Maimoen 3%
Hendrar Prihadi 1,5%
Dico Ganinduto 1,2%
Afif Nurhidayat 1,1%
Sri Mulyani 0,9%
Sudirman Said 0,7%
Edy Supriyanta 0,7%
Ahmad Husein 0,7%
Dedy Yon Supriyono 0,4%
Yusuf Khuldori 0,2%
Muhammad Al Khadziq 0,1%
FX Hady Rudyatmo 0,1%
Agus Bastian 0,1%
Tokoh Lain 10,1%
TT/TJ 59,3%

Kemudian, pada pertanyaan tertutup 11 tokoh, para responden ditanyakan “Jika pilkada dilaksanakan saat ini, dari daftar tokoh berikut ini, siapakah tokoh yang akan anda pilih menjadi Gubernur Jawa Tengah mendatang?”. Hasilnya, Gibran Rakabuming Raka kembali berada di posisi teratas dengan elektabilitas 45%.

Berikut ini hasil elektabilitas tertutup cagub Jawa Tengah:

Gibran Rakabuming 45%
Taj Yasin Maimoen 5,8%
Hendrar Prihadi (Hendi) 3,6%
Dico Ganinduto 3,3%
Yusuf Chudlori 2,9%
Achmad Husein 1,9%
Joko Suranto 1,9%
Sudirman Said 1,3%
Rustriningsih 0,3%
FX Hadi Rudyatmo 0,1%
Komjen Condro Kirono 0,0%
TT/TJ 33,9%.

Sementara itu, ketika dikerucutkan kembali kepada 3 tokoh dengan elektabilitas tertinggi, elektabilitas Gibran Rakabuming kembali unggul. Dia meraih elektabilitas 52,8%.

Berikut ini hasilnya:

Gibran Rakabuming 52,8%
Taj Yasin Maimoen 14,3%
Hendrar Prihadi (Hendi) 6,2%
TT/TJ 26,7%

Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno lantas menjelaskan temuan-temuan elektabilitas tersebut. Dia mengatakan berdasarkan hasil survei tersebut, maka Gibran Rakabuming hampir mustsahil dikalahkan di 2024.

“Dari sisi elektabilitas, tidak bisa dibantah bahwa Gibran Rakabuming Raka sementara ini hampir mustahil untuk dikalahkan. Gibran mampu meninggalkan lawan-lawannya dengan selisih keunggulan hampir 40% di semua skenario,” ucap Adi Prayitno saat memaparkan survei, Kamis (22/6/2023).

Selain itu, Adi menyebut potensi Gibran menjadi Gubernur Jawa Tengah di 2024 juga sangat besar. Dengan demikian, menurutnya, sayang jika Gibran diusung di Pilgub DKI Jakarta atau Cawapres 2024.

“Data ini menunjukkan bahwa potensi Gibran untuk menjadi Jateng 1 sangatlah besar, sehingga sayang untuk dilewatkan atau dikorbankan demi menjadi Wakil Presiden atau Gubernur DKI yang potensi kemenangannya tidak sebesar Gubernur Jawa Tengah,” ujarnya.

Baca Juga : Gibran Rakabuming Capai 96 Persen, PKS Solo: Hasil Survei Lebay

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari ceksurvey.com Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

 

You may also like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments