Home Survey Pemilu Survei NSN Elektabilitas Parpol di Jakarta: PDIP, PSI, dan Golkar Tiga Besar

Survei NSN Elektabilitas Parpol di Jakarta: PDIP, PSI, dan Golkar Tiga Besar

by Salma Hasna
0 comment

Cek Survey – PDI Perjuangan masih menempati urutan pertama elektabilitas partai politik di DKI Jakarta.

Berdasarkan hasil survei Nusantara Strategic Network (NSN), PDIP mendapat keterpilihan 24,5 persen, disusul Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 20,3 persen, dan Golkar di posisi ketiga dengan 10,0 persen.

“PDIP, PSI, dan Golkar menduduki posisi tiga besar partai politik di DKI Jakarta,” kata Direktur Program NSN Riandi dalam paparan hasil surveinya di Jakarta, pada Kamis (16/3/2023).

Riandi menyebut pada saat Anies Baswedan menjabat gubernur DKI, PDIP dan PSI merupakan dua parpol yang paling lantang menyampaikan sikap oposisinya.

banner

Usai Anies tak lagi menjabat kedua parpol tersebut masih mendapat dukungan publik. Mengingat keduanya merupakan pendukung Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

“Publik masih ingat betapa vokalnya politisi PDIP dan PSI di Kebon Sirih dalam mengkritisi kebijakan Anies, mulai dari naturalisasi sungai, sumur resapan, hingga gelaran balap mobil listrik Formula E,” katanya.

Setelah Heru menjabat, lanjut Riandi, PDIP dan PSI kerap melontarkan pujian. Misalnya saja soal sodetan Ciliwung, dan melanjutkan program Joko Widodo saat menjabat gubernur. Kebijakan tersebut ditolak oleh Anies saat dirinya menjabat.

Anies sendiri memilih naturalisasi sungai sebagai solusi pengendalian banjir ibu kota.

Baca Juga : Ridwan Kamil Calon Terkuat Gubernur DKI Jakarta

Namun saat itu Anies justru menggencarkan pembangunan sumur resapan yang selanjutnya mengundang kritik. Hal ini lantaran konstruksi sejumlah sumur resapan jadi penyebab amblas.

Saat menjabat, Heru kemudian memutuskan melanjutkan program sumur resapan dengan melakukan perbaikan.

“Baik PDIP maupun PSI meminta Heru melakukan evaluasi terhadap kebijakan sumur resapan agar bisa berfungsi lebih baik,” terang Riandi.

Adapun ketiga parpol tadi, elektabilitas parpol di DKI Jakarta berdasarkan hasil survei NSN yakni Gerindra (7,0 persen), Nasdem (5,5 persen), Demokrat (4,8 persen), dan PKS (4,0 persen). Berikutnya PPP (2,5 persen), PKB (2,0 persen), dan PAN (1,3 persen).

Lalu ada partai-partai yang tidak memiliki kursi, baik di DPRD DKI Jakarta maupun nasional, seperti Perindo (1,0 persen), serta partai-partai baru yaitu Gelora (0,8 persen) dan Ummat (0,5 persen). Terakhir ada Hanura (0,5 persen) dan PBB (0,3 persen).

“Total ada 18 partai politik pada tingkat nasional yang telah diloloskan oleh KPU sebagai peserta Pemilu 2024,” kata Riandi.

Nusantara Strategic Network (NSN) melakukan survei pada 21-28 Februari 2023 dengan 400 responden mewakili seluruh wilayah di DKI Jakarta.

Metode survei adalah multistage random sampling. Margin of error survei kurang lebih 4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga : Lembaga Survei Kajian Politik Nasional Nama Bahtiar Tertinggi Untuk Pj.Gubernur DKI

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari ceksurvey.com Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

 

You may also like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments